Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan peningkatan mutu layanan pendidikan melalui pengembangan kompetensi kepala sekolah di Jakarta Timur, sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Perdirjen GTK) No.7327/B.B1/HK.03.01/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, pengawas, serta pejabat dinas pendidikan. Selain itu, observasi langsung terhadap praktik kepemimpinan kepala sekolah dan analisis dokumen kebijakan dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan ini telah berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan profesionalisme kepala sekolah dalam aspek kepemimpinan transformasional, manajerial, supervisi akademik, serta inovasi pendidikan. Namun, dalam implementasinya, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya, kesiapan individu kepala sekolah dalam menerapkan kebijakan, serta dukungan institusional yang masih perlu ditingkatkan. Studi ini merekomendasikan peningkatan dukungan kebijakan melalui penguatan peran dinas pendidikan, peningkatan program pelatihan yang berkelanjutan, serta optimalisasi peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta Timur.
Copyrights © 2025