Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Peran Lingkungan Kampus dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa : Studi Literatur

Maulidina, Unzilatur Rizqi (Unknown)
Alif Mudiono (Unknown)
Yudithia Dian Putra (Unknown)
Imron Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan mahasiswa di perguruan tinggi. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa adalah lingkungan kampus, baik dari segi fisik maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran lingkungan kampus dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui pendekatan studi literatur. Metode yang digunakan adalah tinjauan sistematis terhadap berbagai jurnal dan artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 2020-2025, dengan menggunakan kata kunci “lingkungan kampus” “motivasi belajar mahasiswa”. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa kualitas fasilitas akademik, seperti laboratorium, perpustakaan, dan koneksi internet, sangat memengaruhi semangat belajar mahasiswa. Selain itu, aspek lingkungan sosial kampus, termasuk hubungan interpersonal antar mahasiswa, interaksi dengan dosen, dan pelayanan akademik yang diberikan institusi, juga berkontribusi signifikan terhadap motivasi belajar. Lingkungan kampus yang kondusif dan pelayanan yang berkualitas terbukti mampu meningkatkan kenyamanan dan kepuasan mahasiswa, sehingga berdampak positif terhadap motivasi belajar mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...