Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Khafidotul Khoriyah (Unknown)
Reza Ariefka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa di SD Negeri Madugondo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas V pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 33 orang (total sampling). Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Hal ini ditunjukkan dari adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan, serta hasil uji statistik inferensial yang mengonfirmasi pengaruh positif model PjBL. Dengan demikian, model Project Based Learning dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...