Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Penggerak terhadap Kinerja Guru Penggerak di Sekolah Dasar Negeri

Shintawati (Unknown)
Suherman (Unknown)
Aan Hendrayana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru penggerak terhadap kinerja guru penggerak di Sekolah Dasar Negeri Kota Tangerang. Fokus penelitian diarahkan pada peran supervisi yang dilakukan kepala sekolah serta kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru penggerak sebagai faktor dominan yang memengaruhi kinerja mereka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian sebanyak 109 guru penggerak ditentukan melalui teknik proportional random sampling dari populasi 150 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda berbantuan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru penggerak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, baik secara simultan maupun parsial. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan efektivitas supervisi kepala sekolah serta pengembangan kompetensi guru penggerak secara berkelanjutan untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...