Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar

Yasinta Ersi Meriska (Unknown)
Ratnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental jenis one-group pretest-posttest design. Sebanyak 30 siswa kelas V SDN Madugondo terlibat sebagai subjek penelitian. Data minat baca dikumpulkan menggunakan angket yang diberikan sebelum (pre-angket) dan sesudah (post-angket) implementasi GLS. Analisis data meliputi statistik deskriptif dan uji-t berpasangan (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan minat baca sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan minat baca siswa setelah penerapan Gerakan Literasi Sekolah. Sebelum GLS, mayoritas siswa (40%) memiliki minat baca kategori "Sedang", dengan sebagian kecil pada kategori "Sangat Tinggi" (6.67%) atau "Sangat Rendah" (10%). Setelah GLS, proporsi siswa dengan minat baca "Tinggi" meningkat menjadi 43.33% dan "Sangat Tinggi" menjadi 23.33%, serta tidak ada siswa yang berada dalam kategori "Sangat Rendah". Skor rata-rata minat baca siswa meningkat dari 65.50 (pre-angket) menjadi 78.20 (post-angket). Uji-t berpasangan menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed = 0.000) yang kurang dari 0.05, sehingga H0 ditolak. Ini mengindikasikan perbedaan signifikan pada minat baca siswa sebelum dan sesudah GLS. Peningkatan rata-rata skor sebesar 12.70 poin menegaskan bahwa Gerakan Literasi Sekolah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat baca siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...