Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah matematika berdasarkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMPN 1 Pakusari Jember. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang fokus analisis pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Data dikumpulkan melalui tes koneksi matematis dan tes penyelesaian masalah, serta wawancara dengan subjek penelitian yang dipilih berdasarkan kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi mampu memahami, merencanakan, melaksanakan, dan memeriksa kembali penyelesaian masalah dengan baik. Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang menunjukkan kemampuan yang baik dalam memahami dan merencanakan, tetapi mengalami kesulitan dalam pelaksanaan dan pemeriksaan kembali. Sementara itu, siswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah hanya mampu memahami masalah tanpa dapat merencanakan, melaksanakan, dan memeriksa kembali penyelesaian dengan baik. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai pentingnya pengembangan kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dan peneliti selanjutnya dalam merancang metode pembelajaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2025