Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa video berbasis Powtoon dengan fokus pada tahap awal pengembangan, yaitu Define dan Design, dalam model 4D. pengembangan dilakukan untuk membantu peserta didik memahami materi Aritmatika Sosial yang selama ini dianggap abstrak dan sulit dipahami. Tahap Define mencakup analisis kebutuhan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di SMPK Rosa Mystica. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bersifat konvensional, kurang interaktif, dan belum mampu memotivasi peserta didik secara optimal. Pada tahap Design, dilakukan perancangan video pembelajaran interaktif yang mencakup penyusunan konten, storyboard, pemilihan platform, dan rancangan awal visual video. Media dirancang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kurikulum, serta memuat elemen viusal, narasi, dan animasi. Hasil dari kedua tahap ini menghasilkan prototipe awal video pembelajaran yang dinilai layak untuk dikembangkan lebih lanjut pada tahap berikutnya.
Copyrights © 2025