Penelitian ini merupakan kajian tentang pengembangan media pembelajaran berupa kompor bertenaga surya berdasarkan materi IPA SD STEM untuk menunjang kurikulum 2013. Penelitian ini adalah solusi permasalahan pendidik mengenai pembelajaran menggunakan media pada kurikulum 2013 di menghadapi tuntutan pendidikan abad 21. Diharapkan siswa mempunyai pengetahuan dan keterampilan dibidang tersebut dikemudian harinya. STEM secara terpadu melalui pembelajaran di sekolah. STEM dapat diterapkan mulai dari Tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga sederhana berbasis STEM. Itu Alat peraga yang digunakan adalah kompor tenaga surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kebutuhan dasar pembelajaran menggunakan alat peraga berbasis STEM; 2) mengembangkan desain alat peraga sederhana berbasis STEM; 3) jelaskan alat peraga sederhana berbasis STEM. Desain penelitian yang digunakan adalah Model Educational Design Research (EDR) menurut McKenney & Reaves yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) Analisis dan Eksplorasi; 2) Desain dan Konstruksi; 3) Evaluasi dan  Cerminan. Penelitian ini dilakukan hingga tahap kedua yaitu Desain dan Konstruksi. Pengembangan alat peraga sederhana berbasis STEM dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran yang potensial, menganalisis KD berbasis STEM, dan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan. Sederhana alat peraga berbahan dasar STEM berbentuk kubus yang terbuat dari karton bekas, kemudian keempat sisi atasnya Sampul karton dilapisi dengan kertas perak yang digunakan untuk memantulkan cahaya sebagai sumber panas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025