Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2A SDN KARANGANYAR GUNUNG 02 DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT)

Nur 'Azmi, Sri Rooidah (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)
Kusniati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penerapan pendekatan culturally responsive teaching saat PPL pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 2A SDN Karanganyar Gunung 02 sebagai usaha peneliti merefleksi perencanaan di modul ajar maupun pada saat pelaksanaan praktik pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada modul ajar dan praktik pembelajaran yang telah dilakukan sudah menggunakan pendekatan culturally responsive teaching. Hal tersebut dilihat dari modul ajar yang sudah memuat komponen culturally responsive teaching dan pada praktiknyapun sudah dilakukan sesuai modul ajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar maupun pelaksanaan pembelajaran yang peneliti lakukan sudah menerapkan pendekatan culturally responsive teaching dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...