Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Mawardini, Annissa (Unknown)
Khotimah, Khusnul (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) dilakukan melalui kegiatan penyelidikan sederhana, bukan sekadar menghafal konsep-konsep IPA. Pendekatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan berpikir siswa sekaligus menumbuhkan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Amaliah. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis quasi experiment menggunakan desain posttest-only control group design. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji statistik t-test. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pilihan ganda beralasan yang diambil dari nilai posttest. Rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen mencapai 78,40, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,60. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Independent sample t-test, diperoleh nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,038 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Amaliah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...