Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan media pembelajaran puzzle, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian dilaksanakan di SDN Sikumana 1 Kota Kupang. Terdapat 3 teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatf. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Sikumana 1 yang berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 24 orang yang tuntas 17 (71%) , sedangkan yang tidak tuntas 7 orang (29%). Namun, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siklus II dari 24 peserta didik dinyatakan tuntas berjumlah 22 orang (92%), sedangkan yang tidak tuntas 2 orang (8%). Untuk dua orang yang tidak tuntas akan diberikan remedial dan pengayaan oleh wali kelas.
Copyrights © 2025