Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) implementasi gerakan literasi membaca di SDN Bangetayu Wetan 01. 2) faktor penghambat dan pendukung yang dilakukan di SDN Bangetayu Wetan 01. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk melengkapi data penelitian dibutuhkan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan penelitian ini adalah guru kelas di SDN Bangetayu Wetan 01. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles & Huberman dimana mengungkapkan tiga tahapan yang harus dikerjaian yaitu reduksi data, paparan dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa dalam penerapannya terdiri atas tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai; (2) tahap pengembangan, memfasilitasi siswa terkait dengan buku bacaan yang digemarinya di perpustakaan dan pojok baca kelas. Faktor yang mendukung adanya dukungan dari pihak mahahsiswa kampus mengajar, guru-guru kelas lainnya dan peran akti siswa juga mempengaruhi adanya pelaksanaan program literasi. Faktor yang menjadi hambatan kurangnya dukungan orang tua dan penggunaan sarana yang belum optimal.
Copyrights © 2025