Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

ANALISIS EFEKTIVITAS PENGADAPTASIAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAB 21 BERBASIS 4 C SKILL DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS 5 SDN 7 TOLITOLI

Muharam, Aisyah Galuh (Unknown)
Mustakim , Mustakim (Unknown)
BK, Muh. Khaerul Ummah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengadaptasian keterampilan pembelajaran abad 21 berbasis 4C Skills (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) dalam implementasi Kurikulum Merdeka oleh guru kelas V SDN 7 Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V telah menerapkan keterampilan 4C dengan cukup baik dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung meliputi pemahaman guru terhadap konsep 4C, motivasi belajar siswa yang tinggi, serta lingkungan belajar yang kondusif dengan dukungan kurikulum dan fasilitas yang sesuai. Namun, masih terdapat hambatan seperti kurangnya pemahaman sebagian guru tentang strategi penerapan 4C, keterbatasan fasilitas pembelajaran, serta perbedaan kemampuan akademik siswa yang menghambat pembelajaran kolaboratif dan pengembangan keterampilan lainnya. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan pengadaptasian keterampilan 4C sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru, dukungan lingkungan belajar, serta partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...