Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas I melalui penerapan media gameboard berbasis budaya lokal secara kolaboratif dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Budi Murni 2 Medan, yang beralamat di Jalan Kapiten Purba I No.18 Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I-A yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes pemahaman siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil tes awal (pra-siklus) menunjukkan nilai 53,88, dengan persentase ketuntasan belajar 27,78%; (2) Pada akhir siklus I, terjadi peningkatan rata-rata nilai menjadi 74,44 dengan ketuntasan belajar 66,67%; (3) Pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 90 dengan ketuntasan belajar mencapai 91,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gameboard berbasis budaya lokal secara kolaboratif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun datar pada mata pelajaran Matematika kelas 1 SD Swasta Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2024/2025.
Copyrights © 2025