Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

INTEGRASI MANAJEMEN SEKOLAH DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERKUALITAS : STUDI KASUS DI SD NEGERI SERANG 04

Komalasari, Rena (Unknown)
Jakaria, Jakaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi antara manajemen sekolah dan standar penilaian pendidikan dapat mendukung pembelajaran yang berkualitas, dengan studi kasus di SDN Serang 04. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran manajemen sekolah dalam mengelola sumber daya pendidikan dan implementasi standar penilaian yang sesuai untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah, observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan manajemen, serta dokumentasi terkait kebijakan dan hasil penilaian peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi yang harmonis antara kebijakan manajemen sekolah termasuk pengelolaan kurikulum, tenaga pendidik, dan sarana prasarana dengan penerapan standar penilaian yang objektif dan berkelanjutan, mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Selain itu, kolaborasi antara pemangku kepentingan di sekolah menjadi faktor pendukung utama dalam menjaga konsistensi dan kualitas proses pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan kepala sekolah dalam manajemen berbasis mutu dan praktik penilaian autentik sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan dasar secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...