Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi antara manajemen sekolah dan standar penilaian pendidikan dapat mendukung pembelajaran yang berkualitas, dengan studi kasus di SDN Serang 04. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran manajemen sekolah dalam mengelola sumber daya pendidikan dan implementasi standar penilaian yang sesuai untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah, observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan manajemen, serta dokumentasi terkait kebijakan dan hasil penilaian peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi yang harmonis antara kebijakan manajemen sekolah termasuk pengelolaan kurikulum, tenaga pendidik, dan sarana prasarana dengan penerapan standar penilaian yang objektif dan berkelanjutan, mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Selain itu, kolaborasi antara pemangku kepentingan di sekolah menjadi faktor pendukung utama dalam menjaga konsistensi dan kualitas proses pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan kepala sekolah dalam manajemen berbasis mutu dan praktik penilaian autentik sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan dasar secara menyeluruh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025