Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

ANALISIS PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS V DI SD NEGERI 31 PALEMBANG

Mutiara, Hartanti (Unknown)
Aradea, Riswan (Unknown)
Rosmiyati, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran berdiferensiasi kelas V di SD Negeri 31 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil wawancara bersama guru, menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi terdapat hambatan awal dalam penerapan pembelajaran ini, namun seiring berjalannya waktu penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang positif dan memudahkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. 2) Hasil wawancara bersama siswa serta hasil angket rata-rata siswa menunjukkan skor 86,1% dengan kategori “Sangat Setuju” artinya siswa aktif bertanya selama proses pembelajaran, siswa merasa senang, dan materi yang disampaikan oleh guru mudah untuk dipahami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...