Penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V SD Swasta pelangi Medan yang masih rendah dibawah nilai KKM, dimana kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa materi skeberagaman unsur prndukung eni tari tradisional kelas V di SD Swasta Pelangi Medan. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Pelangi Medan. Populasi penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pada tekhnik analisis data, peneliti menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil pre-test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 38,75 dan kelas kontrol 35,75. Setelah dilakukan pembelajaran dengan media pop-up book, hasil post-test kelaas eksperimen mendapat rata-rata 84,75 dan kelas kontrol mendapat rata-rata 74,5. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan diperoleh taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi keberagaman unsur pendukung tari tradisional di kelas V SD Swasta Pelangi Medan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025