Perkembangan Teknologi Informasi membawa perubahan yang cukup signifikan terutama di bidang Pendidikan. Tak hanya peserta didik yang turut mengaplikasikan teknologi, seorang guru juga dituntut untuk mampu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran dengan batuan teknologi. Inovasi yang dapat diaplikasikan salah satunya dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa kuis interaktif berbasis PowerPoint dalam materi kata hubung sebagai alat bantu guru yang mudah diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Produk yang sudah dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dipraktikan di SD Negeri 1 Jepun dengan 29 peserta didik. Validasi dari ahli media memperoleh skor persentase 95% yang menunjukan bahwa media masuk dalam kategori “sangat valid”, sedangkan validasi dari ahli materi juga mengapatkan skor persentase 95% menunjukan materi dalam media tersebut juga “sangat valid”. Dalam praktik penggunaanmya media pembelajaran kuis interaktif berbasis PowerPoint juga mendapatkan skor persentase angket sebesar 91,6% dari jumlah 29 peserta didik dan 95% dari guru, sehingga dapat dikategorikan “sangat baik”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025