Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga pada materi organ pencernaan manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 24 Temmalebba Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain rancangan, kevalidan, praktikalitas, dan efektivitas media ular tangga pada materi organ pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas V dan satu orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validitas oleh tiga orang ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, yang masing-masing memperoleh persentase sebesar 85%, 84,4%, dan 87,5%, yang semuanya termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang dilakukan oleh siswa dan guru menunjukkan persentase masing-masing sebesar 90% dan 93%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sementara itu, pada uji efektivitas, diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,77 dengan kategori Tinggi, serta persentase efektivitas sebesar 77% yang termasuk dalam kategori efektif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media ular tangga pada materi organ pencernaan manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.
Copyrights © 2025