JS (Jurnal Sekolah)
Vol. 9 No. 4 (2025): SEPTEMBER 2025

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KERAGAMAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR

Azzahra Fitriana, Shanas (Unknown)
Ellianawati (Unknown)
Avrilianda, Decky (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Abstract: This study aims to improve students' understanding of religious diversity in Indonesia using animated video as an audiovisual learning medium. The method used is Design and Development (D&D) with the ADDIE model. Research instruments include observation, expert validation questionnaires, tests, and interviews. Data were analyzed through expert validation, N- gain test, and pretest-posttest comparison. Expert validation averaged 91.4% (very good). The average pretest score was 59,96, increasing to 85.93 in the posttest, with an N-gain of 0,65 (moderately effective). The media is proven to be appropriate and effective in enhancing students’ learning outcomes. Keyword: animated audio visual, learning media, pancasila education learning   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keragaman agama di Indonesia melalui media audio visual video animasi. Metode yang digunakan adalah Design and Development (D&D) dengan model ADDIE. Instrumen penelitian meliputi observasi, angket validasi ahli, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan validasi ahli, uji N- gain, dan perbandingan pretest-posttest. Hasil validasi ahli menunjukkan rata-rata 91,4% (sangat baik). Rata-rata nilai pretest diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 59,96 meningkat menjadi 85,93 pada posttest, dengan N-gain sebesar 0,65 (cukup efektif). Media terbukti layak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: media audio visual animasi, media pembelajaran, pendidikan pancasila

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...