Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 3 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 3 Tahun 2025

Analisis Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Materi Bangun Datar Segiempat

Widiyaningsih, Budi (Unknown)
Sulisworo, Dwi (Unknown)
Hidayat, Symasul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, peserta didik dapat belajar dan memperoleh informasi, dengan berbantukan internet. Dalam dunia pendidikan berdampak pada berkembangnya media pembelajaran berupa bahan ajar. Peneliti mengembangkan bahan ajar bagi peserta didik kelas VII SMP Nurul Muttaqin berupa e-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII terhadap materi matematika bangun datar segiempat. Metode yang digunakan berupa metode kuantitatif dengan desain soal pre-test dan post-test. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 30 peserta didik treatment group dan 30 peserta didik control group. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji independent t test, yang menghasilkan thitung sebesar 2,503 dan ttabel sebesar 1,703. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, artinya penggunaan e-LKPD pada treatment group dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII SMP Nurul Muttaqin dibandingkan dengan control group yang tidak menerapkan e-LKPD. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka e-LKPD yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria valid sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...