Penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan bantuan LKPD terstruktur pada kemampuan pemecahan masalah matematis. Studi dilakukan dengan metode Quasy Experiment (eksperimen semu) posttest only control group design. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII-A dan kelas VII-E SMP Negeri 118 Jakarta. Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik diuji dengan instrumen penelitian berupa 5 butir soal esai bentuk aljabar yang valid dan reliabel. Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikansi diperoleh hasil bahwa uji sehingga ditolak yang berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKPD terstruktur lebih tinggi daripada peserta didik pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Kemudian didapat nilai Cohen’s d sebesar 79% yang termasuk besar. Dari hasil pengujian, diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Indnvidualization (TAI) berbantuan LKPD terstruktur pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 118 Jakarta
Copyrights © 2025