Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah

Pengaruh Model Project-Based Learning Berbantuan Papan SPLDV terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Untari, Deva (Unknown)
Salsabila, Ellis (Unknown)
Antari Wijayanti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan Papan SPLDV terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain post test only control group. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D, yang merupakan kelas eksperimen, dan VIII-C, yang merupakan kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep matematis diukur dengan instrumen tes yang terdiri dari 5 soal uraian pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian analisis data setelah perlakuan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi menunjukkan dengan nilai dan . Maka ditolak, artinya rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa pada kelas kontrol. Nilai Cohen’s effect size yang diperoleh adalah dengan persentase yang termasuk ke dalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL berbantuan Papan SPLDV terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Muhammadiyah 29 Sawangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to ...