Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan metode yang menekankan partisipasi aktif siswa dalam kelompok di kelas, dengan mengintegrasikan elemen permainan dan turnamen ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap partisipasi aktif siswa SMP PGRI 1 Ciputat pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif untuk mengeksplorasi hubungan dan pengaruh antar variabel. Uji Kolmogorov-Smirnov digunakan untuk menguji normalitas, dengan nilai signifikansi 0,200 (>0,05), yang menunjukkan bahwa data mengikuti distribusi normal. Selanjutnya, statistik Levene digunakan untuk menguji homogenitas baris berbasis rerata, dengan nilai signifikansi 0,181 (>0,05), yang mengonfirmasi bahwa data homogen dan memenuhi persyaratan untuk pengujian lebih lanjut. Uji-t sampel independen digunakan untuk menguji dampak model pembelajaran TGT terhadap partisipasi aktif siswa. Nilai signifikansi dua sisi untuk baris Uji Assumed Equal Variances menghasilkan 0,000 (<0,05). Berdasarkan hasil ini, kami menyimpulkan bahwa “hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan motivasi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model TGT dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model tersebut”. Berdasarkan hasil analisis uji-t sampel independen, kami menyimpulkan bahwa “penerapan model pembelajaran kolaboratif TGT di SMP PGRI 1 Ciputat berdampak signifikan terhadap peningkatan motivasi siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila”. Kata-kata kunci : Model Pembelajaran, TGT, Partisipasi Aktif.
Copyrights © 2025