Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan modul pembelajaran individual yang berbeda dalam proses menulis cerpen untuk siswa di tingkat SMA/MA. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan pendekatan campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berasal dari hasil validais modul oleh para ahli pendidikan, praktisi, dan siswa. Teknik pengumpulan informasi melibatkan penyelidikan lapangan melalui kuesioner yang disebarkan kepada respondek terpilih bersama dengan observasi langsung serta wawancara mendalam dengan narasumber yang berkompoten di bidangnya. Modul pembelajaran mandiri yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas beberapa komponen utama, yaitu pendahuluan, peta konsep, tujuan pembelajaran, materi pokok menulis cerpen, lembar kegiatan siswa, refleksi pembelajaran dan evaluasi akhir. Modul ini dirancang dengan pendekatan berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa yang teridentifikasi melalui asesmen diagnostik. Gaya belajar yang dikenali meliputi audio, visual, dan kinestetik. Untuk mengidentifikasi gaya belajar tersebut, siswa diarahkan untuk mengakses situs asesmen diagnostik gaya belajar melalui platform akupintar.id, tanpa menggunakan barcode. Aplikasi ini menyajikan 30 butir pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa, dan hasilnya menunjukkan kecenderungan gaya belajar masing-masing. Informasi ini kemudian digunakan sebagai dasar penyesuaian pembelajaran. Modul ini juga dilengkapi barcode yang mengarah pada perangkat ajat digital yang telah dikembangkan peneliti. Perangkat ajar tersebut berfungsi sebagai panduan selama proses pembelajaran dan memuat materi yang disesuaikan dengan hasil asesmen gaya belajar siswa. Misalnya, siswa dengan gaya belajar visual akan mendapatkan materi dalam bentuk infografis atau video, sementara siswa kinestetik diarahkan pada kegiatan praktik langsung. Selain itu, sebagai bentuk autentikasi dan apresiasi terhadap hasil belajar, siswa diarahkan untuk mempubliaksikan karya cerpen mereka melalui platform Wattpad. Proses ini tidak hanya menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri siswa, tetapi juga memperkenalkan mereka pada proses penulisan kreatif yang nyata dan bermakna. Inovasi ini menjadikan modul pembelajaran menulis cerpen di berbagai daerah dengan karakteristik siswa yang beragam.
Copyrights © 2025