Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 4 (2025)

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman (Somatic, Audiotory, Visual, Intelektual) di Kelas V SDN 112/II Purwo Bakti

Oktapiya, Lara (Unknown)
Reni Guswita (Unknown)
Iri Hamzah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 112/II Purwo Bakti menjadi permasalahan yang perlu diatasi, ditunjukkan oleh banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual). Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada 21 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk menilai aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Observasi aktivitas guru meningkat dari 69% (cukup) pada siklus I menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 60% (cukup) menjadi 85% (baik). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 60% (belum tuntas) pada siklus I menjadi 85% (tuntas) pada siklus II. Penerapan model pembelajaran SAVI terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...