Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 14, No 1 (2025): Januari - Juni 2025

STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SD NEGERI 0205 BINANGA DESA SIBORIS DOLOK

Hayati, Nur (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Sari, Nur Ilma (Institut Agama Islam Padang Lawas)
Yenisa, Yenisa (Institut Agama Islam Padang Lawas)
Syawalina, Nur (Institut Agama Islam Padang Lawas)
Hayani, Nur (Institut Agama Islam Padang Lawas)
Arjuna, Siti (Institut Agama Islam Padang Lawas)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SD NEGERI 0205 BINANGA Desa Siboris Dolok. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keragaman kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa yang menimbulkan kesenjangan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 8 informan yang terdiri atas kepala sekolah, 4 guru kelas, dan 3 siswa kelas IV, V, dan VI. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan diferensiasi pada konten, proses, dan produk pembelajaran, misalnya melalui variasi materi, penggunaan media konkret, dan tugas bertingkat yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Strategi ini terbukti membantu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa, meskipun masih terdapat kendala pada keterbatasan sarana dan pemahaman guru yang belum merata.Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, kesulitan belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tazkiya

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Focuses on providing opportunities for researchers in the field of education, especially the results of research and research that are relevant to Islamic Education to be published. As for the scope of Islamic Education that is meant is: Islamic Education Islamic Education Management History of ...