AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SD NEGERI 0205 BINANGA Desa Siboris Dolok. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keragaman kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa yang menimbulkan kesenjangan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 8 informan yang terdiri atas kepala sekolah, 4 guru kelas, dan 3 siswa kelas IV, V, dan VI. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan diferensiasi pada konten, proses, dan produk pembelajaran, misalnya melalui variasi materi, penggunaan media konkret, dan tugas bertingkat yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Strategi ini terbukti membantu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa, meskipun masih terdapat kendala pada keterbatasan sarana dan pemahaman guru yang belum merata.Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, kesulitan belajar
Copyrights © 2025