Penelitian ini dilatarbelakangi observasi dan pemberian tes awal di SMP Negeri 6 Lahewa, yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII masih sangat kurang dan bahan ajar yang digunakan masih terbatas, kurangnya kemandirian belajar, dan siswa yang kesulitan memahami dan menjawab soal matematika sehingga menyebabkan siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan bahan ajar berupa LKS yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis Missouri Mathematics Project (MMP) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket validasi ahli materi, bahasa, desain, angket respon guru dan siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan terhadap LKS yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa hasil angket dari validator, angket respon siswa, angket respon guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, LKS yang dikembangkan telah teruji dan dinyatakan valid baik dari segi validitas materi (isi), validitas bahasa, dan validitas desain. Selanjutnya, LKS juga sangat praktis digunakan oleh siswa dengan persentase kepraktisan sebesar 86,86% dan hasil persentase kepraktisan dari guru sebesar 97,27%. LKS yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai rata-rata 85,00 dan berada pada kategori sangat baik dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,36% berkategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.
Copyrights © 2025