Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 9 No. 2 (2025): DIDAKTIKA BIOLOGI

E-Flipbook Untuk Materi Fitoplankton: Inovasi Media Pembelajaran Digital Biologi

Dita, Syifa Ulva Nara (Unknown)
Daningsih, Entin (Unknown)
Candramila, Wolly (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Sub-materi Protista Mirip Tumbuhan (Fitoplankton) menjadi salah satu materi Biologi yang tergolong sulit karena mempelajari objek berukuran mikroskopis. Banyak sekolah mempunyai keterbatasan fasilitas dalam mengobservasi benda renik sehingga diperlukan adanya alat bantu untuk memperjelas materi agar lebih mudah dipahami siswa. E-flipbook menjadi salah satu media yang dapat mengatasi keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam mempelajari materi tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan e-flipbook yang dapat digunakan dalam pembelajaran Sub-materi Protista mirip Tumbuahan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 3 tahap yaitu pra-produksi, produksi  dan pasca-produksi. E-flipbook divalidasi menggunakan lembar angket validasi instrumen dengan penilaian skala Guttman dan validasi media dengan skala Likert.  Lembar angket validasi media terdiri dari 4 aspek (format, isi, bahasa dan kepraktisan) dengan 18 kriteria. Validasi media e-flipbook dilakukan oleh 5 validator yang merupakan 2 dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN dan 3 guru Biologi kelas X SMA/Sederajat. Validasi isi dilihat dari nilai Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Seluruh nilai CVR dan CVI = 1,00, menunjukkan media valid dan layak digunakan. Kehadiran E-flipbook berpotensi sebagai alternatif media digital yang dapat menjadi solusi pembelajaran Biologi, khususnya dalam menjembatani keterbatasan visualisasi Sub-materi Protista Mirip Tumbuhan kelas X.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...