Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran materi Ibadah Haji berbasis pendekatan deep learning dengan dukungan teknologi Virtual Reality (VR) yang sesuai digunakan pada siswa fase D dalam Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang berorientasi pada desain instruksional dan validasi produk melalui uji coba bertahap. Media ini dirancang agar mampu mendukung pembelajaran yang bersifat mindful, meaningful, dan joyful, sesuai prinsip pembelajaran mendalam. Uji coba dilakukan di tiga lembaga pendidikan tingkat SMP/MTs di Kabupaten Bojonegoro, yaitu SMP Negeri 1 Bojonegoro, SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro, dan MTs Plus Miftahul Ulum Bulu Balen Bojonegoro. Evaluasi dilakukan melalui penilaian ahli materi, ahli media, serta respon peserta didik dari kelas kecil dan kelas besar. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media memperoleh skor 82,5% dari ahli materi, 85% dari ahli media, dan respon siswa kelas kecil sebesar 88,6%. Sementara itu, respon siswa kelas besar menunjukkan nilai sebesar 84,6%. Secara keseluruhan, rata-rata penilaian berada pada angka 85,2%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan tergolong sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi Ibadah Haji bagi siswa fase D.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025