Urgensi penelitian ini terletak pada penggabungan model pembelajaran PAIKEM dengan media interaktif berbasis teknologi dalam konteks pembelajaran kosakata baku dan tidak baku di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata baku dan tidak baku menggunakan model pembelajaran PAIKEM berbantu media interaktif siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang untuk membantu guru dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru Kota Palopo dengan jumlah siswa 33, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data ada 2 yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu 2 tes lembar kerja dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II dan saling berkaitan. Hasil penelitian pada silus I nilai rata-rata secara individual yaitu 68 dengan nilai persentase 48% dan pada siklus II nilai rata-rata secara individual yaitu 79 dengan nilai persentase 81%. Berdasarkan hasil analisis peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM berbantu media interaktif dapat meningkatkan pemahaman kosakata baku dan tidak baku siswa kelas V SDN 63 Ponjalae Baru Kota Palopo.
Copyrights © 2025