Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 10 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Oktober

PENGARUH KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT POS INDONESIA KCP GARUM

Puji Rahayu (Unknown)
Lu’lu Ul Maknunah (Unknown)
M. Hakim Fawazi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan pada layanan PT Pos Indonesia KCP Garum, Kabupaten Blitar. Layanan pengiriman merupakan salah satu komponen utama dalam sektor logistik yang menentukan keberhasilan pelayanan kepada konsumen. Dalam era digital, tuntutan terhadap ketepatan waktu semakin tinggi karena pelanggan mengharapkan pengiriman yang cepat, tepat, dan dapat dilacak secara real-time. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan penyebaran kuesioner kepada 79 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana yang diolah melalui aplikasi SPSS versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu pengiriman memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0.589. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0.437 mengindikasikan bahwa ketepatan waktu menjelaskan 43,7% variasi dalam kepuasan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketepatan waktu pengiriman merupakan determinan utama dalam membentuk persepsi positif terhadap layanan logistik PT Pos Indonesia, di wilayah Garum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...