Dalam kondisi bisnis yang semakin ketat dalam berkompetisi, perusahaan otobus (PO) dituntut agar lebih kreatif dan inovatif dalam mencari ataupun mempertahankan konsumennya. Seperti PO.Sumber Group yang telah menyiapkan trayek PATAS dengan rute JOGJA/SEMARANG – SOLO – SURABAYA melewati jalur Karangjati pada awal tahun 2015 lalu, dengan nama SUGENG RAHAYU by GOLDEN STAR. Masih berada dalam manajemen GOLDEN STAR dan masih satu bendera dengan SUMBER GROUP. Berdasarkan hal itulah tujuan permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa persen tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja bus Patas Sugeng Rahayu. Dikarenakan sampel tidak terbatas maka diambil sampel sebanyak 100 responden. Dengan menggunakan kuesioner sebagai salah satu teknik pengumpulan data. Tehnik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan Customer Satisfication Index (CSI). Hal ini didasarkan pada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles (bukti fisik), reliability, responsiveness, assurance dan empati. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepuasan pelanggan secara keseluruhan memiliki nilai sebesar 78.5%, hal ini berarti bahwa para pengguna/pelanggan bus puas dengan pelayanan yang diberikan oleh bus Sugeng Rahayu. Meskipun hasil analisis menunjukkan nilai yang bagus tetapi perlu ada peningkatan kualitas layanan terutama kebersihan toilet di dalam bus.
Copyrights © 2019