Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fokus-fokus penelitian terkait penerapan model PjBL pada jenjang PAUD, SD, dan SMP. Studi ini menggunakan teknik telaah literatur sistematis terhadap sejumlah artikel dan hasil penelitian yang relevan. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis dokumen, sedangkan subjek kajian mencakup berbagai publikasi ilmiah yang membahas penerapan PjBL di ketiga jenjang tersebut. Data dianalisis menggunakan teknik kategorisasi tematik dan komparatif. Hasil menunjukkan bahwa fokus penerapan PjBL berbeda di setiap jenjang: PAUD lebih menekankan pada pengembangan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis awal; SD pada peningkatan literasi dan hubungan sosial; serta SMP pada kemampuan pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan PjBL yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan peserta didik di masing-masing jenjang. Implikasi dari hasil ini menunjukkan perlunya strategi implementasi PjBL yang adaptif mulai dari pendekatan eksploratif dan motivasional di PAUD, pendekatan tematik integratif di SD, hingga pembelajaran reflektif dan menantang di SMP.
Copyrights © 2025