Program DIGILOKAL merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital produktif siswa SMP Muhammadiyah Pangandaran melalui pelatihan konten kreatif, promosi wisata lokal, dan penguatan literasi media. Kegiatan ini didasari oleh rendahnya kapasitas digital siswa di tengah tuntutan Kurikulum Merdeka yang menekankan literasi digital kontekstual. Metode Participatory Rural Appraisal (PRA) digunakan untuk menggali kebutuhan dan potensi lokal dalam merancang pelatihan berbasis project-based learning. Pelatihan mencakup penggunaan aplikasi Canva dan CapCut, etika media, serta public speaking. Evaluasi melalui pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek manajemen digital (+72%), proses teknis (+62,3%), dan pemahaman sosial kemasyarakatan (+38%). Program ini juga menghasilkan platform DIGILOKAL LMS sebagai media pembelajaran berkelanjutan, serta membentuk komunitas praktisi digital sekolah. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dan partisipatif efektif dalam meningkatkan literasi digital siswa, sekaligus berkontribusi pada penguatan identitas lokal dan pemulihan ekonomi daerah berbasis pariwisata digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025