Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Dengan Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD

Nurul Hanipa, Siti Laura (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Hamamy, Fauziyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Cibalung 03, Cijeruk, Bogor. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa akibat penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang relevan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design), melibatkan kelompok eksperimen dengan model PBL-SQ3R dan kelompok kontrol menggunakan metode Direct Instruction. Subjek penelitian terdiri atas 38 siswa kelas V SDN Cibalung 03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL-SQ3R berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Kelompok eksperimen mencatat peningkatan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Model PBL terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, sedangkan metode SQ3R membantu siswa memahami bacaan melalui langkah-langkah yang terstruktur. Integrasi kedua metode ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan referensi praktis bagi guru dan lembaga pendidikan untuk mengadopsi strategi pembelajaran inovatif dalam rangka meningkatkan literasi siswa, khususnya dalam membaca pemahaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...