Perkembangan era digital membawa dampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan, diantaranya adalah perubahan terhadap perilaku sosial siswa pada usia sekolah dasar. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan siswa sekolah dasar mudah terbawa arus dunia maya, seperti melalui media sosial, game online dan platfrom pembelajaran. Hal tersebut menjadi tantangan baru karena rendahnya literasi digital yang dimiliki oleh siswa yang mengharuskan pengawasan khusus oleh orang tua dan guru di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji peran literasi digital pada perilaku sosial maya siswa sekolah dasar, dengan fokus aspek interaksi, empati, etika digital dan pencegahan cyberbullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studikasus di kelas IV SDN Pasawahan, datayang dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan literasi digital yang diajarkan guru tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi, tetapi juga berdampak baik terhadap kemampuan berempati, berkerja sama, etika digital, dan pengelolaan waktu yang bijak. Dengan demikian, literasi digital perlu diintegrasikan secara strategis dalam proses pembelajaran agar dapat membentuk karakter serta perilaku sosial siswa di era digital.
Copyrights © 2025