DESA (Desain dan Arsitektur)
Vol 6 No 2 (2025): DESA

Refleksi Praktik Pengajaran Studio Arsitektur dalam Format Kuliah Kelas Malam

Hertoety, Dianna Astrid (Unknown)
Sukardi, Rahy Rachmawan (Unknown)
Subki, Raksa Maulana (Unknown)
Stephanie Arvina Yusuf (Unknown)
Yusuf, Stephanie Arvina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2025

Abstract

Studio arsitektur merupakan inti dari proses pembelajaran dalam pendidikan arsitektur, di mana interaksi langsung dan intensif antara dosen dan mahasiswa memainkan peran sentral. Namun, pendekatan konvensional ini menjadi tantangan ketika diterapkan pada mahasiswa karyawan yang hanya dapat mengikuti perkuliahan pada malam hari. Artikel ini menyajikan refleksi kritis terhadap praktik pengajaran studio arsitektur di Program Studi Arsitektur Universitas Kebangsaan Republik IndonesiaI yang melayani mahasiswa kelas karyawan, dengan jadwal kuliah pada waktu sore hingga malam hari. Melalui metode observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, serta analisis dokumen perkuliahan, penelitian ini mengeksplorasi strategi pedagogis yang dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan waktu, beban kerja ganda, dan dinamika interaksi dalam studio. Temuan menunjukkan bahwa fleksibilitas waktu, pemanfaatan teknologi digital, serta perencanaan tugas yang terstruktur merupakan elemen kunci dalam menjaga kualitas pembelajaran studio. Refleksi ini tidak hanya mengevaluasi praktik yang telah berjalan, tetapi juga menawarkan rekomendasi konkret bagi penyelenggaraan studio arsitektur yang lebih inklusif dan adaptif, khususnya untuk mendukung keberlangsungan pendidikan arsitektur bagi mahasiswa non-tradisional seperti kelas karyawan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

desa

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Social Sciences

Description

Artikel yang dapat dikirim ke DESA terbagi dalam empat kategori: 1. Artikel Laporan Perancangan: berupa laporan final hasil perancangan orisinal yang memberikan kontribusi pengetahuan baru yang bermanfaat pada pengembangan ide, pendekatan, maupun pada gagasan bentuk desain. 2. Artikel Laporan ...