Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa di SDIT Hidayatullah Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti adalah guru dan siswa kelas IV SDIT Hidayatullah Kota Bengkulu. Obyek penelitian adalah kegiatan pelaksanaan profil pelajar Pancasila yang sedang berlangsung. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara narasi dengan pemaknaan secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa guru dan siswa sudah melaksanakan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan baik. Pelaksanaan dimensi ini meliputi: (1) akhlak kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan sholat Dhuha, murajaah hadist, dan sholat Dzuhur berjamaah; (2) akhlak dalam hubungan dengan diri sendiri dengan menjaga kesehatan jasmani dan rohani, rajin berolahraga, makan makanan yang halal, juga bertanggung jawab ketika belajar; (3) akhlak dengan sesama manusia dengan menjaga hubungan baik dengan sesama manusia; (4) akhlak dengan lingkungan alam dengan mengenal berbagai jenis tanaman dan melakukan perkembangbiakan lebah penghasil madu; dan (5) akhlak sebagai warga negara diwujudkan dengan rutin melaksanakan upacara bendera sebagai implementasi sikap bela negara.
Copyrights © 2024