Pendidikan merupakan hak setiap manusia yang terus ditingkatkan mutunya oleh pemerintah, salah satunya melalui kurikulum merdeka dengan profil pelajar Pancasila. Namun, implementasi profil pelajar Pancasila ini belum optimal, khususnya dalam mengembangkan daya kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan kegiatan hasta karya pada ekstrakurikuler Pramuka berpengaruh terhadap penguatan dimensi kreatif pada profil pelajar Pancasila di lingkungan sekolah. Penelitian dilakukan di SD Laboratorium Percontohan UPI Serang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain One-Group Pre-Test-Post-Test. Sampel terdiri dari 38 siswa kelas IV, V, dan VI yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada dimensi kreatif siswa, dengan rata-rata skor Pre-Test 55,05 dan Post-Test 65,03. Uji Wilcoxon Signed-Rank Test menghasilkan nilai Asymp. signifikansi 0,001 < 0,05, menunjukkan bahwa penerapan hasta karya berpengaruh positif terhadap dimensi kreatif siswa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Temuan ini juga menegaskan bahwa kegiatan hasta karya berkontribusi positif dalam memperkuat dimensi kreatif siswa.
Copyrights © 2025