Realita di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama dan interaksi sosial siswa dalam pembelajaran PAI masih kurang optimal, seringkali disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Metode pembelajaran yang bersifat konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, masih dominan membuat siswa cenderung pasif dan kurang bersemangat khususnya dalam proses kerjasama dan pola interaksi yang terjadi. Untuk mengatasi problematika tersebut, peneliti mengkaji penerapan metode pembelajaran role playing, yang diyakini mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, mendorong partisipasi aktif siswa, serta melatih kemampuan berpikir kritis dan empati . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana penerapan metode role playing dalam meningkatkan kerja sama dan interaksi siswa pada pembelajaran PAI di SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto, serta mengevaluasi hasil yang diperoleh dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field research, dimana data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam pembelajaran PAI di SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto telah dilakukan secara konsisten dan dinilai efektif dalam meningkatkan kerja sama dan interaksi siswa, serta membantu siswa untuk memahami nilai-nilai agama Islam secara konkret, meningkatkan rasa tanggung jawab, dan mengembangkan keterampilan sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025