Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN Lidah Wetan 4 melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan bantuan media permainan Hole in One. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, 55,56% peserta didik mencapai kategori motivasi tinggi, sementara pada siklus II, jumlah ini meningkat menjadi 77,78%, dengan tambahan 11,11% peserta didik yang mencapai kategori sangat tinggi. Penerapan model Team Games Tournament dengan media Hole in One terbukti dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif di sekolah dasarKata Kunci: motivasi belajar, Team Games Tournament, media pembelajaran, Hole in One, matematika
Copyrights © 2024