Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2: OKTOBER (2025)

PEMANFAATAN APLIKASI BUDAYA TOLAKI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MULOK DI SEKOLAH DASAR

Saputra, Hendra Nelva (Unknown)
Razilu, Zila (Unknown)
Johan, Jusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

  Penurunan motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran muatan lokal, khususnya pada pokok bahasan adat dan budaya daerah, menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan aplikasi Budaya Tolaki terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 34 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain one shot case study. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang terdiri dari 20 pernyataan berdasarkan indikator motivasi belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan aplikasi Budaya Tolaki dalam pembelajaran muatan lokal. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 87,5 yang termasuk dalam kategori motivasi belajar tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan media digital berbasis budaya lokal dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam memahami dan melestarikan budaya daerah. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru dan pengembang pembelajaran agar lebih memanfaatkan media digital kontekstual dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi muatan lokal yang berkaitan dengan budaya daerah. Kata Kunci: motivasi belajar, aplikasi Budaya Tolaki, sekolah dasar      

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...