Kegiatan pengabdian di UMKM Bosindo bertujuan untuk memberikan penguatan daya saing dalam rangka menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Kegiatan pengabdian fokus pada program peningkatan kualitas produk dan kualitas layanan digital. Peningkatan kualitas produk menitik beratkan pada pengelolaan gudang dan kontrol terhadap kualitas produk atau Quality Control (QC). Sementara optimalisasi kualitas layanan dilakukan dengan inovasi pembuatan konten produk berbasis digital. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan praktik dan pendampingan secara langsung selama satu bulan penuh oleh tim kepada mitra. Tahapan kegiatan pengabdian meliputi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evalusi kegiatan. Tahap pelaksanaan persiapan dilakukan penyusunan rencana kegiatan, identifikasi kebutuhan sarana prasarana, dan kesepakatan waktu pelaskanaan. Tahap pelaksanaan dilakukan praktik dan pendampingan secara langsung dalam penyusunan Standard Opearting Prosedur (SOP). Dua SOP yang disusun terdiri dari SOP manajemen gudang dan SOP QC. Selama ini mitra belum memiliki SOP dalam manajemen gudang dan QC sehingga masih sering terjadi tumpang tindih alur pengelolaan. Setelah kegiatan pengabdian mitra memiliki dokumen SOP yang dapat digunakan sebagai panduan sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Sementara pembuatan konten dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran secara digital yang mengalami pertumbuhan pesat. Pembuatan konten dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta digital talent dari mitra. Beberapa capaian indikator tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian memiliki manfaat yang positif bagi mitra.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025