Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 7, No 12 (2024): MARTABE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

PENINGKATAN KAPASITAS UMKM MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DI DESA SAMBIREJO

Fadilla Siagian, Andika (Unknown)
Putri Wardana Purba, Balqis (Unknown)
Amin Dalimunthe, Ahmad (Unknown)
Putri Arvia Wulandari, Adetya (Unknown)
Wirakusuma, Anggi (Unknown)
Suarni Arifin, Cyntia (Unknown)
Nouval Hasan, Muhammad (Unknown)
Arifin Nasution, Muhammad (Unknown)
Arrahma, Syahrani (Unknown)
Yulisda Lubis, Bella (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital para pelaku UMKM di Desa Sambirejo. Pelatihan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan partisipasi aktif para pelaku UMKM di setiap tahapan. Pelatihan difokuskan pada strategi pemasaran digital, pembuatan label menggunakan Canva, dan penggunaan QRIS. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, diskusi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap pemasaran digital. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti rendahnya literasi digital dan keterbatasan modal. Dukungan lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keberlanjutan pengembangan UMKM di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...