Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

User Experience Questionnaire (UEQ) Untuk Menilai Pengalaman Pengguna TikTok Shop

Prasetyo, Rochy Fajar (Unknown)
Cahyono, Ariya Dwika (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna TikTok Shop dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). TikTok Shop merupakan platform e-commerce yang menggabungkan fitur video pendek dengan layanan belanja daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pendekatan survei melalui kuesioner dan observasi langsung terhadap aplikasi TikTok Shop pada versi Android dan iOS. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: melakukan studi literatur terhadap penelitian sebelumnya, mengidentifikasi masalah, menentukan sampel yang terdiri atas 100 pengguna aktif TikTok Shop berusia 18–25 tahun, menyusun instrumen pertanyaan, menyebarkan kuesioner, melakukan uji reliabilitas, menganalisis data menggunakan UEQ Analysis Tools, serta menyusun kesimpulan dan saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengalaman pengguna secara keseluruhan tergolong sangat baik, dengan skor tinggi pada enam skala UEQ, yaitu: Attractiveness (1,65), Perspicuity (1,81), Efficiency (1,62), Dependability (1,57), Stimulation (1,63), dan Novelty (1,31). Skor tertinggi diperoleh pada skala Perspicuity (1,81), yang menunjukkan bahwa antarmuka dan fitur TikTok Shop mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna, serta menyediakan navigasi yang intuitif sehingga memudahkan proses transaksi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...