Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah teknik metakognitif, dibantu oleh Flip Pdf, memiliki dampak pada pemahaman siswa SMP terhadap ide-ide matematika lebih efektif daripada yang dapat mereka lakukan dengan instruksi tradisional saja. Penelitian ini adalah penelitian dengan desain kuasi-eksperimental. Siswa dari SMP Harapan 1 Medan merupakan populasi penelitian ini. Ada 30 siswa di kelas eksperimen, kelas VIII-A, dan kelas kontrol, kelas VIII-C. Tindakan digunakan di kelas eksperimen untuk belajar menggunakan pendekatan metakognitif dengan bantuan Flip Pdf, sedangkan kelompok kontrol tidak menerima terapi dan hanya belajar secara normal. Pretest dan posttest adalah alat yang digunakan di kedua kelas penelitian. Menurut temuan penelitian, kemampuan kelas eksperimen untuk memahami konsep matematika lebih dipengaruhi oleh pendekatan metakognitif yang didukung oleh Flip Pdf daripada kelompok kontrol, yang menggunakan pembelajaran reguler. Data dari tes yang menggunakan Independent Sample T-test memberikan bukti untuk ini. Dapat ditentukan bahwa pada taraf signifikansi 𛼠= 5% dan df = 58, t_(hitung) = 2,754 dan t_(tabel) = 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa
Copyrights © 2025