EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 10, No 1 (2025): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 3 MEDAN

Nababan, Chindy Eskana (Unknown)
Siregar, Wildawani (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI 3-2 SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI 3-2 SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas XI 3-2 SMA Negeri 3 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan tes hasil belajar. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tes hasil belajar digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I 80,77% (baik sekali) kemudian pada siklus II 96,15% (baik sekali). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 70,83%(baik) dan pada siklus II menjadi 91,67% (baik sekali). Melalui hasil penelitian siswa pada siklus I dan siklus II dapat dilihat terjadinya peningkatan aktivitas siswa setelah diberi tindakan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sedangkan hasil belajar klasikal siswa pada siklus I 57,14%(Sedang) dengan rata-rata 76,36 dan pada siklus II menjadi 88,57% (Sangat tinggi) dengan rata-rata 87,71. Peningkatan tes hasil belajar yang terjadi pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...