EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 10, No 2 (2025): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGARUH MODEL STAD BERBASIS PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD

Rofita, Nyiurista Selfi (Unknown)
Pangestu, Deviyanti (Unknown)
Erni, Erni (Unknown)
Rini, Riswanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model kooperatif tipe STAD berbasis Peer Tutoring terhadap hasil belajar sains siswa. Metode pengumpulan data menggunakan asesmen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 40 orang, dengan sampel terdiri dari 22 siswa kelas VA dan 18 siswa kelas VB yang dipilih secara purposive selection. Data diolah dengan uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbasis Peer Tutoring berdampak positif terhadap hasil belajar sains siswa kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung (4,56) yang lebih besar dari nilai F tabel (4,35).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...