Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan representasi matematis siswa, khususnya pada topik relasi dan fungsi. Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar yang interaktif dan terintegrasi dengan teknologi yang sesuai dengan kesiapan siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (RD) dan dilakukan di Kelas VIII di MTsN 1 Tapanuli Selatan. Data dikumpulkan melalui tes, angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar tes keterampilan representasi matematis, dan angket respons pengguna untuk guru dan siswa. Validasi melibatkan ahli materi, media, bahasa, dan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan e-modul sangat valid dengan skor 93,33% dan praktis dengan persentase respons pengguna sebesar 92,53%. Hasil uji N-Gain sebesar 40% menunjukkan keefektifan sedang. Uji T-Sampel Berpasangan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan representasi matematis siswa setelah menggunakan e-modul (t-hitung 21 t-tabel 2,07). Temuan ini menegaskan bahwa e-modul berbasis kontekstual merupakan media yang efektif, valid, dan praktis untuk meningkatkan keterampilan representasi matematika dan mendukung kesiapan belajar siswa.
Copyrights © 2025